Wednesday 15 May 2013

Makanan Mahal Belum Tentu Sehat

Kali ini saya akan memaparkan tentang kuliner. Terkesan aneh sebelumnya, karena selama ini saya belum pernah memberikan informasi tentang Makanan.

         Pada jaman modern ini, sering kali kita melihat banyak orang berduit tebal memakan makanan yang harga per porsinya mahal. Perlu kita ketahui bahwa masakan-masakan mahal belum tentu menyehatkan.

Faktor-faktor yang menentukan sehat atau tidak makanan itu adalah :
1. Faktor si pemasak ( koki )
        Koki atau pemasak adalah yang hal yang paling menentukan makanan itu diolah sehat apa tidak. Karena, jika koki sembarangan memberikan bumbu pada masakan atau hal lain nya maka, berakibat fatal pada makanan yang telah di masak dia ! Disarankan koki harus memakai topi khusus, masker, dan sapu tangan.

2. Faktor tempat memasak dan alat memasak
         Sering kali saya melihat, bahwa penjual di kaki lima hanya sepintas saja merendam atau membilas sekejap peralatan yang digunakan selama memasak / dipakai orang. Hal ini, menyebabkan kuman dan bakteri masih menempel pada peralatan tersebut ! Maka, disarankan : setiap akan memasak, peralatan yang digunakan untuk memasak haruslah higenis / bersih. Apabila peralatan telah digunakan, harus dicuci dan simpan ditempat yang baik agar kecoa, tikus, sama cicak tidak akan menghinggapi peralatan tersebut !

3. Faktor kebersihan
           Ini yang penting juga, karena dimana setiap pengunjung datang melihat tidak bersih atau kumuh maka, yang terjadi adalah pelanggan tidak mau memasuki warung tersebut. Bukan hanya tempat, tetapi banyak hal yang harus diperhatikan yaitu ruangan, kamar wc, Dapur, dan sebagainya.

4.  Cara mengolah masakan.
            Ini juga aspek penting, apabila seseorang menemukan ada yang aneh dimasakan nya, dia pasti mempunyai pemikiran dan penilaian yang jelek tanpa kita sadari dan ketahui. Jadi, semua bahan makanan yang diolah dibersihkan terlebih dahulu menggunakan air yang bersih. Jangan mengira bahwa setiap orang memiliki penilaian yang sama terhadap masakan anda.

5.   Tempat penyimpanan bahan makanan.
             Setiap kali orang membeli bahan makanan yang akan diolah, pasti ia bersihkan dan menyimpannya kedalam kulkas sebab didalam kulkas bakteri akan mati dan bahan makanan akan bertahan lama. Akan tetapi, jika kulkas yang digunakan jarang dibersihkan. Apakah yang terjadi ? Tentu akan menimbulkan aroma tidak sedap, mengandung banyak debu atau sisa pasir dalam bahan makanan. Disarankan : kulkas yang digunakan, ruang tempat penyimpanan tidak terlalu penuh atau over full . Sebab harus menjaga ruang dalam kulkas. 




Jadi, itulah aspek-aspek yang perlu anda ketahui bahwa : setiap masakan yang mahal, belum tentu menyehatkan ! Semoga pemaparan saya tentang tema hari ini bermanfaat bagi para pembaca dan selalu menjaga kesehatan makanan, sebab makanan adalah sesuatu yang masuk kedalam tubuh dan dicerna !

Saya memohon maaf jika ada kalimat yang salah dan kurang berkenan dihati para pembaca !



TERIMA KASIH TELAH MENGUNJUNGI BLOG SAYA !


No comments: