Friday 17 May 2013

Cara Membuat Laptop Tidak Cepat Panas

Hari ini, saya akan memberikan sebuah artikel yang pada umumnya sering dicari para pembaca yaitu : " Cara Membuat Latop Tidak Cepat Panas ". 

            Laptop dapat dikatakan sebagai penggantinya komputer dirumah, Karena bobotnya ringan, seringkali orang membawanya dalam berpergian. Laptop adalah barang elekronik yang dapat menimbulkan panas yang hebat. Namun, kita dapat meminimalisir rasa panas tersebut agar tidak meledak ! Hahaha... bercanda.

             Perlu anda ketahui, laptop seringkali panas dan membuat orang kesal. Bagaimana tidak ? Laptop yang panas, secara otomatis sistem kerja komputer lebih lambat seperti biasanya.

Kali ini, saya akan memberikan kiat-kiat kepada pembaca agar laptop yang digunakan tidak cepat panas ( Walaupun hanya sedikit hangat )

Ikuti langkah dibawah ini :

     1.          Pastikan mesin laptop/notebook anda dalam keadaan bersih / tidak kotor. Bila kotor, sebaiknya dibersihkan kepada tukang service khusus merk laptop Anda.

     2.          Pastikan laptop / notebook anda dilengkapi kipas ( Fan ) pada bagian dalam komponen. Biasanya di temukan kipas kecil dibawah laptop maupun notebook. Bila tidak ada, mungkin itu bawaan dari pabrik ya.. hehehe..

     3.          Setelah itu sudah anda lihat dan ternyata ada. Mungkin Kipas ( Fan ) telah lemah dan perlu diganti yang baru ( part original ). Misalnya: Laptop Anda Acer, ya pasang aksesories asli Acer !

     4.          Inilah adalah hardware yang perlu anda beli yaitu COOLING PAD ( Kipas Tambahan ). biasa dijual pada toko aksesories komputer / laptop. Kisaran harga : Rp. 50.000 - 70.000 ( tergantung merk ). Pasti anda yang telah punya ini, tahu apa fungsinya. Cara kerja Kipas Tambahan ini adalah Colokan kabel USB nya ke laptop Anda. Ini berfungsi agar Kipas didalam laptop tidak berat dan mendinginkan laptop pada saat siang hari / cuaca sedang panas.

     5.          Ini penting juga, yaitu : program yang di Install kedalam laptop / notebook Anda, haruslah tidak padat / penuh. Ini bertujuan agar sistem laptop tidak bekerja terlalu berat untuk membuka suatu program. Logika nya : 1 ruangan hanya dapat memiliki daya tampung 50 orang. Apakah yang terjadi jika 1 ruangan itu kita tampung 70 - 100 orang ? haha.. Bagaimana menurut anda. ? betul kan ?

     6.          Jangan seringkali bermain laptop diatas tempat tidur karena, wujud tempat tidur empuk/padat, maka hawa panas tidak dapat keluar dengan leluasa dan kembali kedalam mesin laptop/notebook Anda. Dalam jangka lama, Laptop Anda akan rusak pada hardware bagian dalam. Sayang kan ?



Itulah kiat dari saya untuk membuat laptop Anda tidak cepat panas ( walaupun hanya sedikit hangat ). hehehe.... 

Sekian artikel dari saya ini. Saya berharap artikel ini dapat bermanfaat dan memberikan informasi tentang apa yang anda alami pada laptop / notebook Anda ! Saya mohon maaf, apabila ada kata yang salah dan kurang berkenan dihati Para Pembaca !


TERIMA KASIH SUDAH BERKUNJUNG KE BLOG SAYA. 

***SEKIAN & SALAM SUKSES ***


No comments: