Thursday 9 May 2013

Cerita Tentang Filosofi Kehidupan

Dikesempatan ini, saya akan memberikan topik yang sedikit berbeda, yaitu tentang : "Filosofi dalam Kehidupan sehari-hari ".

Sebelum masuk kedalam intinya, saya meminta maaf dulu bila ada kalimat yang berkenan di hati para pembaca ! ** Terima Kasih **

1. Definisi Filosofi
       
        Filosofi adalah ilmu yang mengajarkan kita dalam berbijaksana, bersikap, pedoman / prinsip terhadap kehidupan sehari-hari dan mengajak kita untuk dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari.

Simak Ya, Ceritanya.... !!!

** Cerita Pertama **
      
      Sejak jaman dahulu kala, ada 2 orang pedagang membuka usaha dagangnya cukup lama di sebuah desa. Karena sudah lama buka usaha tersebut, banyak pelanggan yang mendatangi untuk membeli keperluan sehari-hari. sebab, pelayanan mereka sangat ramah tamah dan harga barang tidak terlalu mahal.

       Karena kerendahan hati dan kebaikan yang dilakukan 2 orang pedagang tersebut, maka tersentuhlah hati Dewi Keberuntungan. Dan akan memberikan hadiah 6 gentong emas kepada pedagang tersebut.  
   
        Pada malam hari, disaat 2 pedagang itu tertidur pulas. Dewi Keberuntungan menurunkan 6 gentong emas di rumah mereka. keesokan harinya, mereka terkejut karena melihat 6 gentong dirumah dan sosok cantik yang berdiri di depan mereka dan dewi itu pun menyatakan hal ini kepada mereka 

         Sang Dewi Keberuntungan berkata : " Atas kerendahan hati dan kebaikan yang anda perbuat kepada pelanggan-pelanggan anda, telah membuat hati para dewi tersentuh. Dan Inilah Hadiah untukmu atas kebaikanmu berupa 6 gentong emas ".

Setelah itu, mereka berterima kasih kepada dewi tersebut. 

*Kejadian dimulai dari sini lah kawan,,,,....!!! *

Setelah Dewi Keberuntungan pergi meninggalkan mereka, pedagang tersebut mulai membuka satu persatu gentong yang berisi emas tersebut.

Gentong ke-1  : isi emas penuh

Gentong ke-2  : isi emas penuh juga

Sampai gentong yang ke-5, isi emas di gentong penuh...

Terakhir, mereka membuka gentong emas ke-6 tersebut,, ternyata isi emas cuma setengah dari gentong tersebut. Mereka mulai kesal dan marah. Kenapa Dewi mengatakan 6 gentong isi emas ?? toh, yang kita ( pedagang ) terima cuma 5 1/2 gentong emas !!! 

Nah, mulai kejadian itulah .....

Saya rasa, pembaca sudah mengetahui yang saya maksud.. Lanjut...hehe !

*Mulai kejadian itulah, mereka menjadi Ambisius untuk memenuhi emas pada gentong terakhir ( ke-6 ). 

*Segala cara mereka lakukan, yaitu : Menjual harga barang lebih tinggi, menjual barang-barang dagangan mereka.

Yang terjadi akhirnya adalah :

       Toko mereka lama-kelamaan: sepi tanpa pelanggan, tidak ada barang yang dijual, serta mereka berubah menjadi tamak dan serakah. Akhirnya, TOKO MEREKA BANGKRUT. karena keinginan nya untuk memenuhi emas di gentong ke-6 tersebut .!!

KESIMPULAN DARI CERITA DIATAS ADALAH :
   
Dari cerita diatas, bisa kita petik pelajaran bahwa : janganlah terlalu Ambisius terhadap suatu hal yang dilakukan. Setidaknya, mereka harus mensyukuri apa yang telah di beri  dewi tersebut, dan setidaknya mereka dapat menutup toko mereka, dan membuka usaha lain dengan modal yang dimiliki..  ataupun melanjutkan toko tersebut dengan memasukan barang yang lebih banyak, agar dapat membantu sesama di desa tersebut...

DEMIKIANLAH CERITA FILOSOFI DARI SAYA INI... SEMOGA BISA MENJADI PEMBELAJARAN DAN BERMANFAAT BAGI PARA PEMBACA.. AMIN !



SEKIAN DAN TERIMA KASIH  




        

1 comment:

Jeri Wijaya said...
This comment has been removed by the author.