Monday 13 May 2013

Cerita Filosofi ke-2

Dikesempatan yang berbahagia ini.. saya akan memberikan sebuah cerita yang berjudul : 


2 Murid dari Shaolin

        Awal kisah, ada dua orang murid berguru kungfu shaolin di sebuah perguruan yang berada di Negara China. Mereka telah lama berlatih pada gurunya.. Suatu hari, gurunya menerangkan kepada muridnya bahwa dia sudah tua dan harus ada yang menggantikan dirinya kelak dia meninggal. Keesokan harinya, guru mereka  memberikan tes / ujian kepada ke-2 murid tersebut : dengan tujuan memilih salah satu yang paling kuat. Lalu mereka di pertandingkan di sebuah gelanggang... Kedua murid tersebut memang handal karena sama-sama dapat menyerap ilmu yang di berikan Gurunya... Hasilnya tetap IMBANG...

        Malam harinya, guru mereka pun berpikir : " Bagaimanakah saya dapat mengetahui kehebatan dari mereka berdua ini ? ". Telah lama berpikir, akhirnya guru mereka memiliki IDE untuk menunjukan siapa yang terhebat dari ke-2 murid tersebut. Di malam itu, guru mereka mengumpulkan ke-2 murid, lalu menerangkan bahwa besok masih ada ujian lagi. Tetapi, berbeda dari ujian sebelumnya.

Gurunya menjelaskan : " Kalian jam 5 pagi pergilah kehutan dengan berbekal pisau. Yang terbanyak mengumpulkan ranting pohon pada malam hari, Dialah PEMENANGNYA ".

Lalu, gurunya memberikan 2 bilah pisau kepada kedua murid dia....

Saya anggap murid ke-1 adalah A.

Saya anggap murid ke-2 adalah B.

Lanjut !

KEJADIANNYA BERAWAL DARI SINI !

Murid A : Memegang teguh bahwa ia harus tiba di hutan tepat jam 5 pagi. lalu Murid A beranjak tidur.

Sedangkan ,

Murid B: Memeriksa pisau yang di berikan kepad gurunya. Ternyata, pisau yang diberikan gurunya : Tumpul dan Berkarat. Maka, ia mengasah pisau itu menjadi tajam. Karena dia beranggapan bahwa : Dengan pisau yang tajam,  dia pasti bisa membawa ranting pohon yang banyak. TIDAK HANYA ITU !

Dia juga berpikir : Apakah saya dapat membawa banyak ranting pulang dengan kedua tangan ?
lalu, dia mengambil sebuah bambu di perkarangan rumah dan di bagi menjadi 2 bagian. Dia ambil  sebilah bambu dan menyerutnya agar tidak membuat kulit di bahunya terluka. serta menyiapkan tali untuk mengikat ranting pohon itu ! Lalu ia beranjak tidur !


" Keesokan harinya " 

Murid A : Bangun jam 04.30 pagi, sampai dihutan jam 5 pagi. lalu ia memulai aksinya. Pertama, ia mencari ranting pohon untuk dibawa pulang. Ia mulai memotong dengan pisau yang tumpul dalam waktu sedikit lama, serta kelelahan setelah memotong ranting yang pertama.

setelah hari mulai petang, ranting sudah terasa cukup banyak. ia memikulnya menggunakan sebelah kanan bahu lalu menuju pulang. 

Ditengah perjalanan, ranting pohon yang dibawa Murid A mulai berjatuhan tanpa ia ketahui karena tidak di ikat menggunakan tali.

Menjelang malam. Murid A, telah sampai di rumah gurunya. Dia terheran-heran bahwa ranting kayu yang dikumpulkan ternyata tinggal 5 batang...

Hatinya Pun sedih... !!

Sedangkan....

Murid B : Ia tidak terlalu terpengaruh sama waktu yang di tentukan oleh gurunya. Dia bangun jam 06.30 pagi dan membawa alat-alat yang telah disiapkannya tadi malam.
Sesampai di hutan, ia mulai memotong satu persatu ranting pohon yang hendak ia bawa pulang. Dengan pisau yang tajam, ia tidak memerlukan waktu yang lama serta tenaga yang besar.

Hari menjelang petang. Ranting yang potong sudah cukup banyak yaitu 2 bagian, dia mulai mengikatnya dengan tali serta mengikatkan ke bambu di 2 titik yaitu kiri dan kanan. Dan dia mulai memikulnya.

Menjelang malam. Murid B, telah sampai dirumah gurunya dan bertemu dengan Murid A dan Gurunya... Akhirnya, Murid B menjadi pengganti dari gurunya tersebut !



 
Kesimpulan !


Setiap orang yang akan melaksanakan tugas, haruslah bersiap-siap dan menyusun rencana yang akan kita tempuh ! Janganlah terpatok pada waktu, karena disaat kita lupa untuk mempersiapkan segalanya maka waktu bukanlah apa-apa...

Serta, berkerja cerdas, teliti, persiapan matang adalah kunci kesuksesan !
SEMOGA CERITA DIATAS DAPAT BERMANFAAT BAGI PARA PEMBACA !
mohon maaf jika ada kata yang salah dan kalimat yang kurang berkenan dihati pembaca.





Terima Kasih Sudah Berkunjung !
** Salam Sukses **






Copyright : http://www.ragamilmu77.blogspot.com




         

No comments: